Waspada, Gunung Merapi Luncurkan Guguran Lava Besar pada Sabtu Siang Ini

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali meluncurkan guguran lava pada Sabtu siang, 11 Maret 2023
Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali meluncurkan guguran lava pada Sabtu siang, 11 Maret 2023 (KalderaNews/Ignatius Kukuh)
Sharing for Empowerment

MAGELANG, KalderaNews.com – Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali meluncurkan guguran lava pada Sabtu siang, 11 Maret 2023.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Magelang sudah terdampak abu tebal. Kepala Balai Penyelidikan, Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Agus Budi Santoso mengatakan awan panas guguram terjadi pukul 12.12 ke arah Kali Bebeng atau Krasak. Erupsi masih terjadi setidaknya hingga pukul 12.33 WIB.

“Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah bahaya, jarak 7 km dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak,” ungkap Agus melalui pesan grup media Merapi.

BACA JUGA:

Sebelumnya, sepanjang periode 3 hingga 9 Maret 2023 gunung ini telah meluncurkan guguran lava sebanyak 19 kali.

Berdasarkan catatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), guguran lava tersebut mengarah ke barat daya atau ke arah hulu Kali Boyong, Kali Bebeng, dan Kali Sat/Putih.

Selain meluncurkan 19 kali guguran lava, Gunung Merapi juga mencatat kegempaan pada pekan ini.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*