KKN Unik UAD di Gunungkidul, Begini Cara Olah Gedebok Pisang Jadi Keripik

Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 101 Unit XXI.C.3 bersama ibu-ibu PKK RW 05 Dusun Bogor 1, Playen, Gunungkidul
Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 101 Unit XXI.C.3 bersama ibu-ibu PKK RW 05 Dusun Bogor 1, Playen, Gunungkidul (KalderaNews/Dok. UAD)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Periode 101 Unit XXI.C.3 mengajak ibu-ibu PKK RW 05 Dusun Bogor 1, Playen, Gunungkidul, mengolah batang atau gedebok menjadi keripik.

Bertempat di salah satu rumah warga, kegiatan unik ini dilaksanakan pada Minggu, 25 Februari 2023. Rangkaian acara dimulai dengan sosialisasi mengenai manfaat gedebok pisang, dilanjutkan dengan demo cara pengolahan gedebok menjadi keripik.

Kegiatan ini ditujukan untuk mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) yang terdapat di Dusun Bogor 1, terutama dengan banyaknya pohon pisang di wilayah tersebut.

BACA JUGA:

Kegiatan dipandu oleh salah satu anggota unit yaitu Pradhita Dwi Nur Anggraini. Adapun pengolahan keripik dimulai dari memilih gedebok pisang yang masih muda. Lalu, ambil bagian dalam gedebok untuk selanjutnya direndam menggunakan air kapur sirih dan garam selama 12 jam untuk menghilangkan getahnya.

Kemudian, peras gedebok yang sudah direndam untuk menghilangkan sisa air. Lapisi dengan campuran tepung tapioka dan tepung beras serta beri penyedap rasa secukupnya. Selanjutnya, goreng hingga gedebok pisang berubah menjadi kecokelatan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*