AI Ambil Data Tanpa Diskriminasi, Perpres Strategi Nasional (Stranas) Kecerdasan Artifisial (AI) Digodok

Teknologi Artificial Intelligence (AI)
Teknologi Artificial Intelligence (AI) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menegaskan BRIN bersama pemangku kepentingan terkait sedang memproses rancangan Perpres tentang Strategi Nasional (Stranas) Kecerdasan Artifisial.

Di dalam Stranas tersebut, terdapat lima prioritas, yakni pelayanan kesehatan, reformasi birokrasi, pendidikan dan riset, kemananan pangan, mobilitas dan kota pintar.

“Bidang kesehatan misalnya, bagaimana BRIN mengembangkan rapid test kit, untuk mengetahui lebih dini potensi kanker serviks, TB, malaria, dan seterusnya, sehingga menurunkan cost dari kesehatan kita secara nasional,” jelas Handoko.

BACA JUGA:

Sedangkan bidang pangan, dengan memanfaatkan AI berbasis data omics, periset bisa mengembangkan varietas-varietas baru dari data molekuler.

Lebih lanjut Handoko menekankan tiga dari empat fokus area dalam Stranas AI, yaitu pengembangan SDM; infrastruktur dan data; dan regulasi dan etika.

Menurutnya, dalam penguasaan dan pemanfaatan AI, dibutuhkan SDM yang memiliki kemampuan untuk berpikir secara analitis dan kritis. Hal ini sebagian besar dilakukan melalui aktivitas riset.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*