Sanurian’s Final Project Expo SMP St. Ursula Bandung, Learning Cycle Kekayaan Nusantara

Sharing for Empowerment

“Kendati demikian kami menemukan nilai-nilai ketekunan, kemandirian, dan tanggung jawab saat berproses menjalankan ujian praktik ini. Ada kepuasan serta kebanggaan ketika berhasil menyelesaikan projek kami. Ternyata untuk mendapatkan hasil yang optimal membutuhkan ide, waktu, dan stamina yang menguras tenaga,” lanjut Reuben.

Pewarisan Budaya

Penyelenggaraan Sanurian’s Final Project Expo ini sangat diapresiasi oleh orang tua siswa. Selain mengundang orang tua siswa kelas IX, pihak sekolah juga memberi kesempatan kepada para siswa kelas VI yang akan menjadi calon siswa SMP St. Ursula Bandung pada tahun pelajaran baru yang akan datang untuk menyaksikan bagaimana pembelajaran yang akan mereka alami kelak.

Ira Indrawardana, salah seorang calon orang tua murid baru, sangat antusias menyaksikan berbagai tampilan kelompok siswa kelas IX. Sebagai seorang dosen Antropologi di Universitas Padjajaran, Ira menyampaikan kekayaan budaya Indonesia harus dikenalkan sejak dini kepada anak-anak.

“Melalui berbagai tampilan budaya daerah yang dipentaskan dalam Sanurian’s Final Project Expo ini, anak-anak mengalami dan merasakan sendiri kekayaan budaya negara kita,” kata Ira. Pewarisan budaya tidak cukup hanya melalui pengetahuan hafalan saja, tapi harus dirasakan sendiri dalam lagu-lagu, busana, maupun makanan daerah. (YR. Triatmoko Kusdiarto dan Andreas Aditya Yoga Prasasta, Guru St. Ursula Bandung)




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*