Sanurian’s Final Project Expo SMP St. Ursula Bandung, Learning Cycle Kekayaan Nusantara

Sharing for Empowerment

Persiapan ujian praktik dilakukan sejak November 2022 hingga minggu ketiga bulan Februari 2023. Dalam prosesnya, masing-masing kelompok melakukan empat tahap pembelajaran yang disebut learning cycle.

Tahap exploring digunakan untuk mencari berbagai informasi dari sumber valid yang kredibel. Dari hasil exploring itu, mereka menentukan keprihatinan, potensi, dan sumber daya dukung lainnya. Selanjutnya, tahap synchronizing. Pada tahap ini, peserta didik menyatukan pengetahuan baru dan pengetahuan lama mereka untuk menciptakan sebuah ide yang solutif.

Siswa kelas IX SMP St. Ursula Bandung dalam Sanurian’s Final Project Expo pada Sabtu 4 Maret 2023
Siswa kelas IX SMP St. Ursula Bandung dalam Sanurian’s Final Project Expo pada Sabtu 4 Maret 2023 (KalderaNews/Ursula Bandung)

Setelah ide ditentukan, tahap selanjutnya adalah experimenting, dimana peserta didik melakukan percobaan untuk merealisasikan ide mereka. Tahap terakhir adalah executing. Tahap ini merupakan tahap akhir sekaligus tahap untuk memublikasikan karya mereka setelah melewati proses panjang mereka dalam membuat sebuah proyek.

Reuben selaku Ketua Kelompok Boemi Pantjasila mengakui ujian praktik kolaborasi mata pelajaran ini tidak mudah. “Kami mengalami kesulitan untuk memadukan semua kompetensi karena masing-masing mata pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda,” kata Reuben.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*