Inovatif dan Kreatif yang Patut Ditiru, Les TK dan SD di Wonogiri Bayarnya Pakai Sampah

Sharing for Empowerment

“Rumah darling juga menjadi lokasi les anak-anak, dan lokasi pelayanan BSB apabila ada tamu yang datang berkunjung, untuk mencari informasi terkait pengelolaan sampah terpadu kami,” tambahnya.

BSB juga bekerja sama dengan 24 sekolah (TK, SD, SMP, dan SMA/SMK) di Kecamatan Bulukerto, dalam upayan pengelolaan Bank Sampah Umum. Seluruh sampah yang dihasilkan oleh sekolahan tersebut diambil dan diangkut oleh tim BSB, kemudian diolah sesuai jenisnya.

Baru baru ini, BSB juga meluncurkan program Gombalia lestari, yakni kegiatan untuk mengelola kain perca menjadi berbagi produk yang memiliki nilai ekonomi, seperti topi, baju, celana, dan aneka produk lainnya. Mereka bekerja sama dengan manajemen wisata Goa Resi, dan telah dipasarkan di Klaten, Ponorogo, dan Jakarta.

Berbagai ide dan inovasi yang diciptakan BSB katanya, bertujuan mengurangi timbunan sampah, dan mengajak masyarakat untuk mengelola dan mendaur ulang sampah sehingga memiliki nilai ekonomi.

Riyanto berharap apa yang sudah dilakukan BSB memiliki dampak bagi kelestarian lingkungan dan kelangsungan hidup manusia, khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Bulukerto.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*