Kelas 10 Merapat, Pendaftaran Paskibraka 2023 Sudah Dibuka, Cek Persyaratannya Di Sini

Pengukuhan Paskibraka Nasional 2021. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Pengukuhan Paskibraka Nasional 2021. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pendaftaran Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sudah dibuka. Pendaftaran terbuka untuk pelajar jenjang SMA kelas 10 di seluruh Indonesia.

Paskibraka nantinya akan ditugaskan mengibarkan dan menurunkan bendera Pusaka saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

Nah, melansir akun Instagram @bpipri, para pendaftar akan disaring mulai dari tingkat kabupaten kota hingga provinsi.

BACA JUGA:

Persyaratan Paskibraka 2023:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Calon Paskibraka merupakan pelajar kelas 10 dengan minimal usia 15 tahun sampai dengan 19 tahun.
  3. Memperoleh surat izin tertulis dari Kepala Sekolah.
  4. Memperoleh persetujuan tertulis dari Orang Tua/Wali.
  5. Mengisi dan menandatangani Surat Pernyataan Kesediaan Mematuhi Peraturan Pembentukan dan Pelaksanaan tugas Paskibraka Tahun 2023.
  6. Nilai akademik minimal berkategori baik.
  7. Sehat jasmani dan rohani berdasarkan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan setempat
  8. Memiliki bentuk kaki 0 (O been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, bentuk kaki X (X been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, dan tidak memiliki bentuk telapak kaki datar (flat foot).
  9. Memiliki berat badan ideal.

Terkait persyaratan tinggi badan diatur demikian:

  • Paskibraka Tingkat Pusat dan Provinsi memiliki tinggi badan pelajar putra paling rendah 170 cm dan paling tinggi 180 cm dan pelajar putri paling rendah 165 cm dan paling tinggi 175 cm yang dinyatakan dalam surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan setempat.
  • Paskibraka Tingkat Kabupaten/Kota Memiliki tinggi badan pelajar putra paling rendah 165 cm dan paling tinggi 180 cm dan pelajar putri paling rendah 160 cm dan paling tinggi 175 cm yang dinyatakan dalam surat keterangan sehat dari fasilitas pelayanan kesehatan setempat

Alur pendaftaran Paskibraka 2023:

  1. Buka website paskibraka.bpip.go.id, lalu klik tombol Daftar
  2. Pendaftaran peserta. Isi data diri sesuai dengan KTP/KIA/KK, isi alamat sekolah untuk menjadi tempat bertugas, isi link profil media sosial (masuk ke profil media sosial dan copy link), isi minat dan bakat sesuai dengan kemampuan masing-masing, jika sudah terisi semua, klik tombol selanjutnya, lalu isi kata sandi dengan minimal enam karakter.
  3. Masuk ke akun. Jika pendaftaran akun berhasil maka akan tampil halaman Login, peserta dapat memasukan NIK dan password yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Upload foto dan bekas persyaratan. Setelah berhasil masuk ke akun, peserta dapat mengupload pasfoto dan juga berkas persyaratan dengan maksimal ukuran berkas dua megabyte, setelah mengupload klik tombol kirim.
  5. Download kartu ujian. Jika peserta memenuhi syarat maka akan tampil notifikasi dan tombol untuk mendownload kartu ujian.

So, bagi kamu yang tertarik bisa langsung klik DI SINI.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*