Belum Banyak yang Tahu, Mahasiswa UMBY Sosialisasi Manfaat Bunga Telang

Bunga Telang
Bunga Telang (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

GUNUNG, KIDUL, KalderaNews.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 41 Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan sosialisasi budidaya Bunga Telang kepada masyarakat di Limasan Dusun Jragum, Desa Ngeposari, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul KKN 41 UMBY diadakan pada Sabtu, 28 Januari 2023.

Tanaman yang berfungsi sebagai obat herbal ini diedukasikan kepada masyarakat agar bisa dibudidayakan untuk mendapatkan manfaat tanaman yang ada di sekitar. Bunga Telang dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan produktivitas perekonomian dan bisa dijadikan sebagai tanaman khas Dusun Jragum.

“Tujuan kami memilih menyosialisasikan tanaman kesehatan ini kepada masyarakat Dusun Jragum ini agar bisa menambah pembudidaya tanaman kesehatan yang ada di Semanu.”

BACA JUGA:

Warga belum banyak yang mengetahui dan membudidayakan Bunga Telang sebagai tanaman kesehatan, padahal manfaatnya sangat banyak.

Bunga Telang adalah tanaman kesehatan yang tumbuh merambat dan merupakan tanaman asli Asia tropis. Tanaman ini memiliki daun dan batang yang berukuran kecil.

Bunganya berwarna biru gelap dengan panjang antara 4-5cm. Manfaat konkretnya yakni menjaga kesehatan, mencegah penuaan dini hingga mengobati gangguan penglihatan.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 41 UMBY, Lukman menegaskan kegiatan sosialisasi budidaya Bunga Telang ini merupakan salah satu program utama mahasiswa KKN UMBY kelompok 41 dengan tujuan untuk memberikan wawasan mengenai cara budidaya Bunga Telang.

Tidak hanya itu saja, program ini juga bertujuan meningkatkan perekonomian warga Jragum dengan menjadikan Bunga Telang sebagai buah tangan khas dusun ini.

“Bunga Telang juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan yang alami. Warga juga bisa membuat kreasi makanan dengan menggunakan Bunga Telang,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*