Bahayakah Hujan Meteor Itu dan Mana yang Paling Berbahaya?

Sharing for Empowerment

“Hal ini perlu diwaspadai karena jika melintas dekat bumi dengan jarak kurang dari batas roche atau batas ketika benda langit berinteraksi dengan gravitasi bumi, jika jaraknya sama dengan batas roche, benda langit bisa hancur berkeping-keping dan membentuk cincin di bumi. Namun, jika jaraknya kurang dari batas roche, maka akan memungkinkan jatuh ke bumi,” ujar Andi.

Andi menginformasikan siapa pun yang ingin memantau benda jatuh antariksa, dapat mengakses laman orbit.brin.go.id.

Melalui laman ini masyarakat dapat memperoleh informasi lengkap mengenai benda jatuh antariksa. Mulai dari pemantauan benda jatuh secara realtime, yang akan diperbarui setiap 5 menit sekali dan untuk hasil pemantauannya diarsipkan setiap 1 jam sekali. Hasil analisis, hingga arsip mengenai benda jatuh antariksa di masa lampau.

Pada bagian pemantauan realtime, masyarakat dapat melihat detail benda jatuh antariksa, mulai dari nama, pemilik benda jatuhnya jika merupakan benda antariksa buatan, ketinggian, prediksi kapan jatuhnya, juga lintasan benda jatuh tersebut, dari peta dunia juga Indonesia. Bagi astronom amatir juga dapat melihat data inklinasi juga jarak terjauh dan terdekat benda jatuh tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*