Kepala BMKG: Perubahan Iklim dan Kerusakan Lingkungan Picu Krisis Air yang Serius

Krisis Air Bersih Saat Musim Kemarau
Krisis air bersih saat musik kemarau di Indonesia (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, perubahan iklim memicu krisis air menjadi ancaman serius.

“Krisis air terjadi hampir di seluruh belahan dunia dan menjadi krisis global yang harus diantisipasi setiap negara,” ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dwikorita mengatakan, peningkatan emisi gas rumah kaca berdampak pada kenaikan suhu udara serta fenomena perubahan iklim.

BACA JUGA:

Emisi gas rumah kaca yang tak bisa dikendalikan memicu semakin cepatnya proses penguapan air permukaan. Hal ini mengakibatkan ketersediaan air makin cepat berkurang.

“Sebaliknya, akan terjadi hujan yang berlebihan di lokasi atau belahan bumi yang lain,” kata Dwikorita.

Pengurangan stok air itu berlaku bagi air permukaan maupun di tanah. Hal ini jelas mempengaruhi ketersediaan air bersih di seluruh dunia.

“Ditambah perubahan iklim yang ekstrem menyebabkan proses turunnya hujan menjadi ekstrem dan tidak merata,” lanjut Dwikorita.

Alarm serius pada Bumi

Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) pada 2022 juga melaporkan bahwa kekeringan dan kelangkaan air melanda Eropa, Amerika sebelah utara dan barat, Amerika selatan barat, kawasan Mediterania, dan Sahel (zona perbatasan antara Gurun Sahara dengan daerah sebelah utara Afrika yang lebih subur).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*