Unwahas Wacanakan Mahasiswa PPL dan KKN di Sekolah Indonesia Davao (SID) Filipina

Sharing for Empowerment

Secara khusus, SID mempunyai misi untuk melindungi anak-anak Indonesia di Filipina dari nilai dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila. Maka menurutnya, semua kegiatan pembelajaran diarahkan untuk pembentukan karakter manusia Indonesia.

Sekolah Indonesia Davao (SID) di Filipina memiliki asrama siswa, baik putra maupun putri. Asrama dan kebutuhan harian siswa diberikan secara gratis. Banyak siswa-siswi di SID yang juga berasal dari luar Kota Davao ataupun luar Kepulauan Mindanao.

Kondisi jauh dari rumah ini menjadikan kurangnya pengawasan dari orang tua yang berasal dari berbagai macam profesi, sehingga pihak pengelola SID menawarkan para siswa untuk tinggal di asrama. Sekolah yang terletak di kompleks Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Davao City ini berada di bawah Kementerian Luar Negeri RI.

Kunjungan ke Sekolah Indonesia Davao (SID) bentuk upaya merajut silaturahim antar sesama anak bangsa dan membuka peluang kerjasama kerjasama antara Universitas Wahid Hasyim dan SID di Filipina. Kerjasama yang dimaksud adalah potensi penerjunan mahasiswa ke Davao untuk keperluan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*