Inilah Profil 7 SMA Swasta Terbaik di Semarang, Bisa Jadi Pilihan Kamu Nih

Siswi SMA Kolese Loyola Semarang. (Dok.KoleseLoyola)
Siswi SMA Kolese Loyola Semarang (KalderaNews/Dok. Kolese Loyola)
Sharing for Empowerment

SEMARANG, KalderaNews.com – Lagi cari SMA dengan kualitas terbaik? Berikut 7 SMA swasta terbaik di Semarang, Jawa Tengah yang bisa jadi pilihanmu.

Tujuh SMA swasta terbaik di Semarang ini berdasarkan data Top 1000 Sekolah 2022 Berdasarkan Nilai UTBK yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

BACA JUGA:

Nah, inilah 7 SMA swasta terbaik di Semarang berdasar nilai rerata UTBK tahun 2022:

SMA Kolese Loyola (skor 611,291)

Kolese Loyola atau Loyola College, yang lebih dikenal dengan akronim LC merupakan lembaga pendidikan bernapas Gereja Katolik.

Pendiri Kolese Loyola adalah Pater Jan van Waayenburg SJ.

Sekolah yang beralamat di Jl. Karang Anyar No.37, Brumbungan, Semarang ini dikelola oleh para imam dari Ordo Jesuit (SJ) hingga hari ini.

SMA Sedes Sapientiae Bedono (skor 573,563)

SMA Sedes Sapientiae Bedono yang didirikan pada tahun pelajaran 1989/1990 merupakan pengambilalihan SMA Sanjaya Bedono di bawah Yayasan Sanjaya kepada Yayasan Marsudirini Pusat (sekarang Yayasan Marsudirini).

Sekolah ini berlokasi di Desa Bedono, Kec. Jambu, Kabupaten Semarang tepatnya di Jalan Raya Semarang – Magelang Km. 48.

Pada 1994 mulai dibuka asrama baik untuk putra maupun putri, karena sebagai panti pendidikan, SMA Sedes Sapientiae Bedono tergerak ikut serta mempersiapkan generasi berintegritas tinggi.

SMA Semesta (skor 565,046)

SMA Semesta merupakan merupakan sekolah dengan sistem boarding school yang berlokasi di Gunung Pati, Semarang.

Sekolah ini berdiri Mei 1999. Semesta Bilingual Boarding School atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sekolah Semesta Gunungpati berada di bawah naungan Yayasan Al Firdaus.

Awalnya, Sekolah Semesta hanya menerima siswa laki-laki. Hal ini berlangsung hingga tahun 2002, karena pada tahun ini SMP Semesta mulai menerima siswa perempuan. Pada tahun ajaran 2005/2006 SMA Semesta mulai menerima siswa perempuan.

Pada awal berdiri, Sekolah Semesta Gunungpati merupakan sekolah nasional yang menggunakan kurikulum nasional plus, yang diperkaya dengan muatan internasional.

Muatan internasional ini berupa penggunaan standar CEFR (Common European Framework of Reference) pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan penggunaan Bahasa Inggris sebagai pengantar untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

SMA Sedes Sapientiae Semarang (skor 547,640)

Mula-mula, SMA Marsudirini Sedes Sapientiae merupakan bagian dari SMA Kolese Loyola yang dirintis Pater Waayenburg SJ.

Namun, sejak tahun ajaran 1950-1951 diadakan pemisahan pengelolaan untuk, yaitu SMA Loyola I bagian putra di Jalan Karang Anyar 37, Semarang, dan SMA Loyola II bagian putri di Jalan Mataram 908, Semarang

Lalu, pada 7 Juli 1982, nama SMA Loyola I selanjutnya disebut SMA Kolese Loyola, sementara, SMA Loyola II disebut dengan SMA Sedes Sapientiae.

SMA Sedes Sapientiae memiliki 3 nilai utama yang dihayati oleh seluruh warga sekolah yaitu Sapientiae (kebijaksanaan), Conseguemento (berprestasi), dan juga Fratellanza (persaudaraan).

SMA Islam Al Azhar 14 (skor 540,213)

SMA Islam Al Azhar 14 Semarang atau disingkat SMAIA 14 Semarang berada di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar.

Sekolah ini terletak di Jl. Klentengsari Nomor 1, Kota Semarang. SMA ini didirikan pada 2015 dengan peletakan batu pertama oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Lantas, gedung SMA Islam Al Azhar 14 Semarang diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada 2018.

SMA ini mengkombinasikan kurikulum nasional dengan kurikulum YPI Al Azhar, yang bertumpu pada Imtak (Iman dan Taqwa) dan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

SMA Islam Hidayatullah (skor 535,385)

SMA Islam Hidayatullah Semarang atau yang lebih akrab disebut SMAHA, merupakan salah satu sekolah swasta Islam yang ada di Kota Semarang.

Ia terletak di Jalan Cemara Raya 290, Banyumanik, Semarang. SMAHA berdiri pada 1999 di bawah naungan Yayasan Islam Abul Yatama.

Visi dari SMAHA adalah membangun generasi GOLD, yaitu Genius, Obedient, Lead, dan Dynamic menuju insan Khairu Ummah.

SMA Don Bosko Semarang (skor 520,660)

Sekolah ini bernama lengkap SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang. SMA PL Don Bosko didirikan Yayasan Pangudi Luhur.

Yayasan Pangudi Luhur merupakan Badan Pembantu Karya Kerasulan Kongregasi Para Bruder FIC dalam bidang kerasulan pendidikan.

SMA ini bermula pada tahun 1955, ketika pembangunan asrama SGA Don Bosko dimulai oleh Kapten Brugman, setelah menyelesaikan pembangunan SMP dan bruderan di Klaten.

Selanjutnya pada tanggal 23 Juni 1959 Mgr. Soegijapranata memberkati gedung SGA dan asrama Don Bosko. Untuk memperlancar kegiatan SGA pada tahun 1961 dibangun SD latihan yang bertempat di samping SGA.

Dalam perkembangan, SGA Don Bosko berubah menjadi SPG Don Bosko. Oleh karena pemerintah Indonesia membubarkan SPG, maka saat itu juga SPG Don Bosko diubah menjadi SMA Don Bosko hingga sekarang.

SMA Don Bosko mempunyai semangat sebagai lembaga pendidikan yang mampu membimbing dengan tegas tanpa kekerasan tetapi tetap mengerti jiwa kaum muda.

Sekolah ini berlokasi di Jl. Sultan Agung No.133, Karangrejo, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*