Pelajaran Bahasa Indonesia di Australia Perlu Diintensifkan, Wah, Bakal Butuh Banyak Guru Nih

Sharing for Empowerment

Kekurangan Guru

Telah banyak studi yang memaparkan penyebab hal ini terjadi. Terdapat banyak faktor. Di antaranya, karena semakin beragamnya pilihan bahasa asing yang tersedia. Misalnya, Bahasa Jepang, China, bahkan Bahasa Prancis, yang semakin meningkat peminatnya.

Faktor lainnnya adalah karena banyak orang tua murid yang memandang pelajaran bahasa asing kurang penting. Anak-anak mereka lebih difokuskan kepada pelajaran sains.

Faktor berikutnya adalah persepsi yang salah tentang Indonesia. Bahasa Indonesia masih dipandang sebagai negara kurang bergengsi. Selain itu cukup banyak stereotip negatif yang dilekatkan kepada Indonesia.

Faktor yang tidak kalah penting adalah soal penyediaan guru. Hal ini disoroti oleh Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, dalam wawancara dengan The Jakarta Globe, beberapa waktu lalu.

Penny Williams menekankan pentingnya membina pendidikan bahasa Indonesia di sekolah dan meningkatkan jumlah calon guru. Meningkatkan pengajaran Bahasa Indonesia di Australia menurut dia adalah tentang “bekerja dengan sekolah … membangun kader guru Indonesia.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*