Pelajaran Bahasa Indonesia di Australia Perlu Diintensifkan, Wah, Bakal Butuh Banyak Guru Nih

Sharing for Empowerment

Peminatnya Merosot

Bahasa Indonesia pernah menjadi salah satu bahasa yang popular di Australia. Ia menjadi salah satu bahasa asing utama yang diajarkan di sekolah-sekolah.

Hanya saja minat untuk mempelajarinya terus mengalami penurunan. Keprihatinan ini sudah menjadi diskusi yang serius dalam dua dekade terakhir.

Salah satu ahli yang secara intensif melakukan studi tentang hal ini adalah Michelle Kohler. Ia peneliti dari Research Centre for Languages and Cultures University of South Australia.

Pada tahun 2010 ia bersama Phillip Mahnken dari Faculty of Arts and Social Sciences University of the Sunshine Coast Logos of University of South Australia menerbitkan penelitian tentang hal ini. Judulnya “The Current State of Indonesian Language Education in Australian Schools.” Studi tersebut menyampaikan keprihatinan yang mendalam tentang semakin merosotnya minat mempelajari Bahasa Indonesia di Negara Kanguru.

“Data kuantitatif menunjukkan bahasa Indonesia saat ini menjadi bahasa utama di sekolah-sekolah Australia. Namun, analisis data yang lebih dalam, dengan jelas menunjukkan bahwa jumlah program yang ditawarkan dan siswa yang belajar Bahasa Indonesia mengalami penurunan yang serius,” tulis Kohler dan Mahnken dalam studi mereka.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*