Mahasiswa UMBY Upgrading Perpustakaan Kuwangen Kidul di Gunung Kidul

Sharing for Empowerment

Mahasiswa KKN Universitas Mercua Buana Yogyakarta (UMBY) Kelompok 36 memandang menumbuhkan literasi baca pada masyarakat dusun khususnya di Dusun Kuwangen Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta sangat diperlukan.

Masyarakat di Dusun Kuwangen Kidul rata-rata sudah memahami pentingnya membaca, namun mereka lebih senang membaca melalui media digital yaitu handphone. Kondisi inilah yang menjadikan interaksi langsung antara masyarakat semakin menurun. Padahal, perpustakaan dusun yang menyediakan buku-buku akan menjadi wadah bagi masyarakat untuk bertemu, berinteraksi sekaligus membangun semangat literasi.

Perpustakaan dusun di Kuwangen Kidul sudah berdiri sejak tahun 2018 lalu yang inisiasi oleh kegiatan Kuliah Kerja Nyata terdahulu. Setelah berjalannya tahun dan adanya pandemi covid-19, perpustakaan ini menjadi terbengkalai bahkan tidak sedikit buku di sana rusak karena dimakan usia dan tidak di rawat dengan baik.

Selain itu, tidak adanya struktur kepengurusan di perpustakaan tersebut memperparah kondisi perpustakaan. Berlatar belakang masalah tersebut, tim KKN PPM 36 Universitas Mercu Buana Yogyakarta berinisiatif untuk melakukan upgrading melalui perbaikan kondisi bangunan perpustakaan, penataan buku-buku dan penataan administrasi serta pengaktifan struktur kepengurusannya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*