Benarkan Program PKK dan PKW Jadi Solusi Atasi Pengangguran Saat Pandemi?

Kiki Yuliati, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. (Dok. Kemendikbudristek)
Kiki Yuliati, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. (KalderaNews/Dok. Kemendikbudristek)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati mengklaim Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dari Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat Kemendikbudristek dapat menjadi salah satu solusi dalam mengatasi pengangguran.

Ia menjelaskan PKK dan PKW terutama di masa pandemi menjadi “penyelamat” bagi anak-anak yang berasal dari golongan ekonomi lemah untuk bisa melanjutkan pendidikannya melalui jalur kursus dan pelatihan.

BACA JUGA:

Karena itu, ia pun mengimbau pemerintah daerah (Pemda) dapat terus memfasilitasi melalui berbagai kebijakan dan anggaran guna memastikan peserta didik di lembaga kursus dan pelatihan (LKP) mendapat bekal yang relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Kepada pimpinan LKP, ia juga mengimbau untuk merancang materi pembelajaran yang fleksibel bersama DUDI. Imbauan ini disampaikannya saat peluncuran Program PKK dan PKW, Bantuan Pemerintah untuk Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah Tahun 2023 yang disiarkan melakui kanal YouTube KursusKita pada Jumat, 20 Januari 2023.

Besarnya kepedulian para pemangku kepentingan ini, menurutnya, sepatutnya disambut antusias oleh peserta didik.

“Peserta didik harus punya motivasi belajar agar kompetensi yang dihasilkan nanti selepas dari LKP dapat relevan dengan kebutuhan industri,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*