Begini Cara Perpustakaan Kampus Ternama Berubah di Era Digital

Sharing for Empowerment

Ketika ditanya bagaimana konkretnya perpustakaan mendukung penciptaan pengetahuan dalam bentuk digital, Reimer memberi berbagai contoh. Salah satunya tentang pengetahuan mengenai perubahan iklim.

Sebagian besar penelitian tentang perubahan iklim, kata dia, dibangun dengan simulasi yang kompleks. Umumnya menggunakan data berskala besar dengan perangkat lunak khusus.

Menurut Reimer, semakin banyak dunia berbicara tentang dampak perubahan iklim dan cara menghadapinya, semakin perlu untuk tidak hanya melihat data tetapi juga model yang dipakai untuk menilai data dengan benar. “Perpustakaan dapat memfasilitasi pelestarian penelitian digital, dan memastikan akses yang terus-menerus,” kata Reimer.

Contoh lainnya adalah mengenai penelitian sejarah. Bila seorang sejarawan ingin memahami  bagaimana komunikasi berlangsung di Eropa di awal era modern salah satu cara adalah melalui penelusuran surat-surat.

“Anda  dapat membuat visualisasi yang membantu, bila Anda bukan hanya  melihat pada setiap surat, tetapi juga dengan melihat  siapa yang menulis surat, kepada siapa ditujukan dan bagaimana pengetahuan mengalir ke seluruh benua,” kata Reimer yang meraih gelar PhD bidang sejarah dari   Ludwig Maximilian University of Munich (LMU) Jerman.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*