Begini Cara Perpustakaan Kampus Ternama Berubah di Era Digital

Sharing for Empowerment

Reimer saat ini mendapat tanggung jawab memimpin proses pengembangan perpustakaan University of Chicago. Perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar kesembilan di Amerika Utara.

Reimer mengatakan secara historis peran perpustakaan universitas adalah mengumpulkan bahan.  Setelah itu, tugas perpustakaan membuatnya dapat diakses di dalam organisasi kampus.

Kini fungsi itu harus diperluas. Kata dia, dalam lingkungan dimana karya ilmiah lebih banyak dipublikasikan secara online dan kebanyakan orang membuka mesin pencari  untuk menemukannya, peran perpustakaan harus melangkah lebih maju.

Salah satunya, menurut Reimer, perpustakaan kampus harus mendukung penciptaan pengetahuan dalam bentuk digital. Selanjutnya, perpustakaan harus membantu kampus, termasuk mahasiswa, untuk mendorong pengetahuan itu sampai ke dunia luar.

“Perpustakaan dapat membantu mempermudah proses penerbitan dan membuat hasil penelitian yang menarik di University of Chicago dapat ditemukan dan digunakan secara luas,” kata Reimer.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*