Pengembangan Masih Banyak Tantangan, Apa itu Sel Punca (Stem Cell)?

Sel Punca (Stem Cell)
Sel Punca (Stem Cell) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

CIBINONG, KalderaNews.com – Pengembangan sel punca di Indonesia masih menghadapi banyak tantangan, salah satunya karena penelitian sel punca yang masih dilakukan secara individual.

Apa itu sel punca? Journal of Stem Cells and Regenerative Medicine menjelaskan sel punca (Stem Cell) adalah suatu sel yang memiliki kemampuan untuk memperbaharui dirinya sendiri (self-renewal) serta kemampuan untuk berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel.

Meskipun sel punca merupakan sel yang belum terdiferensiasi, sel punca dapat menghasilkan sel yang terspesialisasi, seperti sel otot jantung, sel darah atau sel saraf (Journal of Stem Cell Research and Therapy).

BACA JUGA:

Kepala Pusat Riset Vaksin dan Obat BRIN, Masteria Yunovilsa Putera mengakui riset tentang sel punca telah lama dilakukan dan dikembangkan oleh periset yang menghasilkan publikasi dan paten.

Apa saja publikasi dan patennya? Pertama, teknologi mikroenkapsulasi berbasis alginat yang dapat memelihara viabilitas sel punca mesenkim (Journal of Stem Cell Research & Therapy dan Galenika Journal of Pharmacy). Aplikasi teknologi ini akan digunakan untuk terapi luka kronis.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*