Jepang Banyak Belajar dan Puji Pelibatan Mahasiswa di Pengorbitan Surya Satellite-1 (SS-1)

Surya University
Gedung Surya University (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Detik-detik pelepasan Surya Satellite-1 (SS-1) dari International Space Station (ISS) yang difasilitasi oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dilakukan secara hybrid dari Tsukuba Space Center, Jepang dan disaksikan secara virtual di Gedung BJ Habibie di Jakarta.

Atas keberhasilan pendaratan Surya Satellite-1 (SS-1), Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji memuji pelepasan satelit SS-1 sebagai langkah besar bagi Indonesia. Ia mengaku banyak belajar dari pelepasan satelit ini.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan kepada mahasiswa Universitas Surya, para ahli dari Organisasi Radio Amatir Indonesia, Inasa, dan Badan Riset dan Inovasi Nasional atas upaya mereka dalam merancang dan membangun satelit,” ucapnya.

BACA JUGA:

Selain itu, Kenji menyoroti peran penting Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dan United Nations Office for Outer Space Affairs (UNOOSA), yang memberikan bantuan dan keahlian teknologi kepada Universitas Surya di bawah program KiboCUBE.

Melalui kolaborasi KiboCUBE, JAXA dan UNOOSA berkontribusi pada peningkatan teknologi terkait ruang angkasa di negara-negara mitra dengan memberikan kesempatan untuk menggunakan teknologi peluncuran satelit unik Kibo.

“Saya yakin penggelaran Satelit Surya-1 ke orbit akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan teknologi keantariksaan di Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, President Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), Yamakawa Hiroshi mengaku senang telah menjadi bagian dari momen bersejarah bagi Indonesia.

“Saya yakin dengan pelepasan satellite nano ini telah memberikan banyak keberanian dan harapan kepada masyarakat di Indonesia,” ucapnya.

Hiroshi berharap satelit ini dapat menyelesaikan misinya dengan sukses. Selain itu, pihaknya juga berharap keberhasilan proyek ini akan semakin melibatkan lebih banyak lagi generasi muda Indonesia dalam aktivitas luar angkasanya.

“Saya harapkan JAXA dapat berkolaborasi kembali dengan para mahasiswa dari Indonesia ke depan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*