Tip Cerdas Hadapi Gempa Saat di Kendaraan, Pantai, Pegunungan Hingga Kamar Mandi

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Imanuela Indah Pertiwi, M.Si dan Marniati, MT dari Stasiun Geofisika Kelas IV Kendari dan Balai Besar MKG Wil IV Makassar dalam artikel ilmiah yang diunggah di laman BMKG dengan judul “Rawan Gempabumi, Diperlukan Mitigasi Secara Mandiri” memberikan sejumlah tip saat terjadi gempa bumi dan tsunami.

“Jika sedang berada dalam kendaraan, dan merasakan guncangan gempabumi, maka segera hentikan kendaraan, kemudian keluar dan jauhi kendaraan tersebut untuk menghindari adanya rekahan tanah/jalanan. Ketika berada di luar ruangan atau bangunan segera hindari bangunan tinggi atau gedung, tiang listrik, dan pohon,” tegasnya.

Sementara itu jika sedang berada di pantai dan merasakan guncangan gempabumi yang sangat kuat dalam durasi waktu yang lama, segera lari menjauhi pantai menuju ke daratan yang lebih tinggi.

BACA JUGA:

Kemudian jika mendengar suara sirine segera lakukan evakuasi untuk menghindari diri dari gelombang tsunami. Adapun tanda-tanda akan terjadi tsunami yang dapat dilihat yaitu air surut secara tiba-tiba.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*