Raih Anugerah Adiwiyata Nasional 2022, Begini Kesejukan SD Prima Sakinah Bekasi

SD Prima Sakinah Islamic School Bekasi
SD Prima Sakinah Islamic School di Bekasi (KalderaNews/Dok. SD Prima Sakinah)
Sharing for Empowerment

BEKASI, KalderaNews.com – SD Prima Sakinah mendapatkan Anugerah Adiwiyata Nasional Tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LKH).

SD Prima Sakinah adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SD di Mustika Jaya, Kec. Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Dalam menjalankan kegiatannya, SD ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekolah ini bernuansa alam yang sejuk dan mengedepankan karakter cendikianya. Testimoni masyarakat menyebut sekolah ini kualitasnya bagus, kepala sekolah menggunakan pendekatan pembelajaran yang humanis, anak enjoy tidak stres, suasana sekolahan hijau asri sehingga sangat bagus untuk perkembangan siswa.

BACA JUGA:

Lokasi sekolahnya bagus untuk proses belajar mengajar, suasana nyaman, adem dan banyak pohon rambutan.

Ada pula yang menyebut kalau sekolah ini mengajarkan nilai-nilai Islam dengan baik dan sekolah ini bisa jadi tempat terapi yang bagus untuk anak yang berkebutuhan khusus.

Penilaian calon sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional Tahun 2022 sendiri diikuti 789 sekolah dari 27 provinsi. Setelah dilakukan seleksi administrasi, penilaian dokumen dan verifikasi lapangan secara sampling, ditetapkan Sekolah Adiwiyata Mandiri sebanyak 94 sekolah dari 17 provinsi dan Sekolah Adiwiyata Nasional sebanyak 305 sekolah dari 24 provinsi.

Pemerintah memberikan apresiasi terhadap sekolah yang telah berhasil melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) berupa penghargaan Adiwiyata.

Jumlah Sekolah Adiwiyata Nasional dan Mandiri sejak tahun 2006 hingga tahun 2022 sebanyak 4.149 sekolah yang terdiri atas 3.150 sekolah Adiwiyata Nasional dan 999 sekolah Adiwiyata Mandiri. Sedangkan jumlah sekolah Adiwiyata secara nasional (tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional dan Mandiri) adalah sebanyak 27.169 Sekolah.

Penyerahan Penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri dan Nasional tahun 2022 dihadiri peserta secara faktual terdiri dari 94 Sekolah Adiwiyata Mandiri Tahun 2022, 25 Sekolah Adiwiyata Nasional Tahun 2022, dan 24 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi.

Gerakan PBLHS dilaksanakan sejak tahun 2006, yang dikenal dengan nama Program Adiwiyata, bertujuan untuk mewujudkan perilaku warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup, dan berdampak pada meningkatnya kualitas lingkungan hidup di sekolah dan daerah.

Gerakan PBLHS mendorong aksi kolektif di sekolah agar seluruh warga sekolah secara sadar dan sukarela, berjejaring dan berkelanjutan menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup yang meliputi aspek kebersihan, fungsi sanitasi, dan drainase; pengelolaan sampah; penanaman dan pemeliharaan pohon/tanaman; konservasi air; konservasi energi, dan inovasi terkait penerapan perilaku ramah lingkungan hidup lainnya berdasarkan hasil identifikasi potensi dan masalah lingkungan hidup.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*