Psikolog Sekolah Cikal: Anak Usia TK-SD Butuh Pertemanan Sehat

Peserta didik di Sekolah Cikal
Peserta didik di Sekolah Cikal (KalderaNews/Dok. Cikal)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sekolah Cikal mendidik murid-muridnya di jenjang TK-SD untuk memahami pertemanan sehat dan menggerakkan kampanye pertemanan sehat (Healthy Friendship Campaign) kepada teman-teman sebaya dalam program Personal and Social Education (PSE).

Psikolog Klinis Anak sekaligus Personal and Social Education (PSE) Program Leader di Sekolah Cikal, Lecya Lalitya, S.Psi, M.Psi, menjelaskan bahwa esensi pertemanan sehat bagi anak-anak itu adalah sebuah hubungan pertemanan yang kedua pihak atau lebih yang terlibat berada dalam emosi positif dan mendukung perkembangan satu sama lain.

“Pertemanan sehat itu adalah sebuah hubungan dapat dikatakan sehat apabila kedua pihak (atau pihak-pihak) yang terlibat dalam hubungan tersebut cenderung berada dalam emosi yang positif dan mendukung perkembangan satu sama lain, apabila terjadi konflik akan dihadapi bersama dalam upaya mempertahankan hubungan tersebut,” jelasnya.

BACA JUGA:

Dalam kegiatan pengenalan akan pertemanan sehat pada murid-murid di jenjang TK-SD Cikal dilakukan, ia menuturkan bahwa langkah ini merupakan upaya melatih kembali kemampuan sosial mereka akan cara berteman, berinteraksi, dan menyelesaikan konflik dengan cara yang baik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*