Apa Itu Aurora dan Bagaimana Proses Terjadinya?

Borealis Basecamp Spot untuk menikmati aurora di Alaska (
Borealis Basecamp Spot untuk menikmati aurora di Alaska (Foto: @laytonfindlater)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Aurora adalah fenomena alam yang ditandai dengan munculnya cahaya berwarna-warni di langit. Aurora biasanya terjadi di wilayah-wilayah di sekitar kutub Utara dan Selatan dan dapat muncul dalam berbagai warna seperti hijau, merah, biru, atau putih.

Warna aurora biasanya berwarna hijau, merah, atau biru, tergantung pada jenis molekul yang terlibat dalam reaksi kimia tersebut.

Aurora terjadi ketika partikel-partikel dari Matahari yang dikenal sebagai plasma menabrak atmosfer Bumi sehingga menyebabkan terjadinya reaksi kimia yang menghasilkan cahaya. Fenomena ini merupakan salah satu fenomena alam yang paling indah dan estetis terlihat di Bumi.

BACA JUGA:

Fenomena cahaya terang yang muncul di langit biasanya garis-garis atau pola-pola berwarna-warni yang terlihat di sekitar kutub selatan atau utara.

Secara konkret, aurora terjadi ketika partikel dari matahari terlempar ke atmosfer bumi menyebabkan reaksi kimia yang menghasilkan cahaya yang terlihat sebagai aurora.

Aurora dapat terjadi di kedua kutub selatan dan utara, tetapi lebih sering dilihat di kutub utara dengan nama Aurora Borealis atau Northern Lights.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*