Alternatif Info Cuaca Terkini dari BMKG, Ada Lho Aplikasi Berbasis Web Sadewa Milik BRIN

Musim hujan tiba
Mendung di langit Jakarta (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Peneliti Pusat Riset Iklim dan Atmosfer BRIN, Anis Purwaningsih menegaskan Indonesia telah memiliki sistem informasi peringatan dini bencana terkini bernama Sadewa. Sadewa (Satellite Disaster Early Warning System) merupakan sebuah sistem informasi peringatan dini bencana berbasis teknologi satelit dan model atmosfer.

Sistem tersebut berfungsi untuk memberikan kepada pihak-pihak yang terkait dengan penanganan kejadian bencana baik pada tingkat pemerintah pusat maupun daerah dalam rangka pengelolaan resiko bencana hidro-meteorologis.

“Sadewa merupakan aplikasi berbasis web yang terdiri dari sistem pemantauan atmosfer berbasis satelit Himawari-8, sistem prediksi atmosfer berbasis model Weather Research Forecasting (WRF), dan sistem peringatan dini hujan ekstrem,” terang Anis.

BACA JUGA:

Dirinya juga merinci, Sadewa memantau kondisi atmosfer secara real time, memprediksi kemungkinan terjadinya hujan ekstrem, dan memberikan informasi peringatan dini kepada pihak-pihak yang terkait dengan penanggulangan bencana.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*