Prof Muhayatun Santoso: Peran Perempuan dalam Nuklir Masih Minim

Sharing for Empowerment

“Iptek nuklir itu mampu diaplikasikan pada berbagai macam bidang. Inilah yang menarik kenapa saya menggeluti nuklir. Nuklir itu ternyata banyak sekali manfaatnya dan tentunya kita bisa kontribusikan salah satunya adalah bersama-sama untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) sesegera mungkin,” kata Wanita yang baru saja meraih G.A. Siwabessy Memorial Lecture tersebut.

Dia mencontohkan misalkan di bidang kesehatan dengan pemanfaatan radioisotop dan radiofarmaka untuk diagnosis berbagai macam penyakit, salah satunya adalah untuk diagnosis terkait dengan kanker, tumor, dan sebagainya.

“Kemudian di bidang pertanian ada banyak hal yang dilakukan dengan rekayasa genetik mutasi yang digunakan untuk mendapatkan bibit unggul dan tanaman yang lebih produktif,” sebut ibu yang hobi membaca dan main tenis meja itu.

Selanjutnya di bidang lingkungan itu bisa digunakan untuk deteksi dini adanya pencemaran. Sementara di industri terkait dengan deteksi adanya kebocoran-kebocoran pipa, serta di bidang energi dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*