Psikolog Sekolah Cikal: Anak Usia TK-SD Butuh Pertemanan Sehat

Sharing for Empowerment

“Kami di sekolah melihat bahwa salah satu dampak pandemi bagi anak adalah kehilangan kesempatan untuk melatih kemampuan sosial (social skill), seperti cara berteman yang baik dan cara menyelesaikan konflik dengan teman. Dampaknya, seringkali terjadi konflik saat berinteraksi dengan teman.”

“Oleh sebab itu, kami menjadikan kegiatan house sebagai wadah untuk kembali mengingatkan dan melatih kemampuan anak menjalin pertemanan yang sehat.” jelasnya.

Caca menambahkan kegiatan pengenalan dan kampanye pertemanan sehat yang dilakukan terhadap murid TK-SD ini merupakan langkah yang tepat dan dilakukan dengan aktivitas yang berbeda-beda sesuai fase perkembangan anak di jenjangnya.

Ia menuturkan bahwa mengajak anak-anak untuk memahami dan menggerakkan kampanye pertemanan sehat dengan sebayanya merupakan sebuah intervensi sistemik dalam pendekatan psikologis dan pendidikan.

“Healthy Friendship Campaign merupakan sebuah upaya intervensi sistemik dari kami sebagai pendidik dan juga psikolog, jadi tidak hanya datang dari konselor tetapi juga melibatkan house, homeroom teachers, dan seluruh program leader terhadap anak-anak sejak dini,” jelasnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*