Setelah 30 Tahun, Koran Republika Berhenti Cetak, Media Digital Jadi Pilihan

Warga membaca koran Republika. (Ist.)
Warga membaca koran Republika. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Melalui surat yang disebar melalui media sosial, Koran Republika berpamitan. Mulai awal tahun depan, edisi cetak Republika tak lagi terbit.

Media digital pun menjadi pilihan Repubilka untuk menyebarkan informasi dan pengetahuan.

Koran Republika terbit perdana pada 4 Januari 1993. Artinya, koran ini telah memberikan warna dalam wajah jurnalisme di Indonesia selama 30 tahun.

BACA JUGA:

“Mulai 1 Januari 2023, kami akan sepenuhnya berjalan dalam wahana digital. Surat kabar cetak akan kami terbitkan hingga edisi Sabtu, 31 Desember 2022. Setelah itu, Republika akan mencurahkan semua kekuatan editorial, sumber daya, waktu, pikiran, dan energi untuk semata kanal-kanal digital, di antaranya republika.co.id, republika.id, Retizen, dan akun-akun resmi di media sosial, dalam sajian multiplatform yang mencakup kekuatan teks, grafis, audio, foto, dan video,” demikian Arys Hilman, Direktur PT Republika Media Mandiri.

Sebenarnya, Koran Republika bukanlah yang pertama berhenti terbit. Sejak tahun 2010-an, sejumlah media cetak, baik tabloid, koran, dan majalah satu per satu tumbang, tergerus media digital yang kian menggurita.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*