Jika Guru Tidak Adaptif, Dikhawatirkan Muncul Gap Generation

Guru Madrasah (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Guru Madrasah (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

SURABAYA, KalderaNews.com – Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain berharap lulusan PPG dalam jabatan diharapkan menjadi pendidik profesional yang berintegritas, expert pada bidangnya, memiliki digital mindset serta memiliki paham keagamaan dan kebangsaan yang moderat.

“Saat ini kita dihadapkan pada generasi Z dan generasi alpha yang sangat kritis terhadap pengetahuan dan lebih akrab dengan teknologi.”

Karakteristik peserta didik yang demikian tentu, imbuh Zain, menuntut guru untuk memiliki pengetahuan tentang perkembangan peserta didik, pedagogik, penguasaan advanced material, penguasaan teknologi tingkat tinggi, dan memiliki karakter spiritual, moderat, toleran, kecekatan, pola pikir berkembang (growth mindset), dan adaptif sebagai cermin kompetensi guru abad 21.

BACA JUGA:

“Apabila guru tidak adaptif dan tidak dapat mencerminkan kompetensi guru abad 21 maka dikhawatirkan akan terjadi gap generation yang akan menyebabkan gagalnya proses pendidikan,” imbuhnya.

Ia menambahkan menyikapi perkembangan abad 21 yang sangat luar biasa, Indonesia membutuhkan guru yang berkarakter MODIIS (Moderat, Inovatif, Inspiratif).




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*