Inilah Fakta Ilmiah Kalau Indonesia Itu Memang Rawan Gempabumi dan Tsunami

Sharing for Empowerment

BACA JUGA:

“Keadaan inilah yang menjadikan wilayah Indonesia menjadi salah satu wilayah rawan gempabumi dan tsunami,” tandasnya.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa gempabumi tidak dapat diprediksi secara pasti waktu kejadiannya, mulai dari hari, tanggal, maupun waktu kejadiannya.

Korban jiwa menjadi lebih banyak karena disebabkan oleh runtuhan bangunan, perabotan, kebakaran, tanah longsor, dan kepanikan.

Mitigasi secara mandiri dapat dimulai dari persiapan sebelum terjadi gempabumi. Diawali dengan mengenali tempat tinggal dan tempat bekerja, memastikan bahwa struktur bangunannya kuat, serta letak bangunan terhindar dari bahaya akibat gempabumi seperti tanah longsor dan rekahan tanah.

Perabotan seperti lemari dan cabinet dapat diatur agar tidak roboh dengan menempelkannya pada dinding (dipaku atau diikat), serta meletakkan benda berat di bagian paling bawah untuk menghindari benda berat yang jatuh. Menyiapkan tas siaga bencana (emergency preparedness kit) yang berisikan dokumen/surat berharga, kotak P3K berisi obat-obatan, radio portable, pakaian, uang tunai, telepon genggam, masker, peluit, senter/lampu, baterai, makanan siap santap yang tahan lama, supplement, dan air minum, sehingga ketika terjadi gempabumi tas tersebut dapat langsung dibawa ke titik berkumpul tempat evakuasi sementara.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*