Selama Desember 2022, Ada Delapan Hujan Meteor yang Bisa Disaksikan Lho!

Sharing for Empowerment

Monocerotid Desember – 8 Desember 2022

Titik asal hujan meteor Monocerotid Desember terletak di konstelasi Monoceros yang berbatasan dengan konstelasi Orion dan Gemini.

Hujan meteor ini aktif sejak 4 sampai 20 Desember dengan isntensitas maksimum 3 meteor/jam saat berada di atas pengamat pada 9 Desember.

Monocerotid Desember dapat disaksikan di seluruh Indonesia dari arah timur setelah waktu sholat isya (8 Desember) hingga meredup di arah Matahari terbit (9 Desember). Intensitas di wilayah Indonesia mencapai 2-3 meteor/jam.

Sigma Hybrid – 8 Desember 2022

Hujan meteor ini titik kemunculannya terletak di dekat bintang Sigma Hydrae di konstelasi Hydra, yang berbatasan dengan konstelasi Monoceros.

Hujan meteor Sigma Hybrid aktif sejak 4 Desember dan berlangsung hingga 20 Desember dengan intensitas maksimum 7 meteor/jam pada saat di atas pengamat pada 9 Desember.

Hujan meteor ini dapat disaksikan di seluruh Indoneisa dari arah timur sejak 8 Desember 21.15 waktu setempat hingga meredup di arah barat sebelum Matahari terbit. Intensitas di wilayah Indonesia hanya 6-7 meteor/jam.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*