Anak Petani Ini Kerap Diremehkan, Ternyata Juara 1 Pilmapres 2022

Ivan Taufiq Nugraha
Ivan Taufiq Nugraha (KalderaNews/Dok. Puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Namanya Ivan Taufiq Nugraha. Ia dinobatkan sebagai Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2022 Jenjang Diploma. Sebanyak 31 prestasi nasional dan internasional berhasil diraihnya hingga mengantarkannya ke ajang Pilmapres.

Awalnya, Alumni SMA Negeri 2 Sukabumi, Jawa Barat ini bermimpi untuk menjadi mahasiswa berprestasi sejak kelas 2 SMA. Saat itu, guru SMA-nya memutarkan video perjalanan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB).

Video itu membuatnya terharu dan memiliki keinginan kuat untuk menjadi mahasiswa IPB dan ikut dalam ajang Pilmapres. Berbagai jalur masuk IPB diikutinya mulai dari SNMPTN, SBMPTN, Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Prestasi Internasional dan Nasional (PIN), Seleksi Mandiri (SM), dan Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI).

BACA JUGA:

Dari 6 jalur masuk tersebut, Ivan gagal di lima tes jalur masuk dan akhirnya diterima di program studi D3 Paramedik Veteriner melalui jalur USMI di tahun 2019.

Namun, cobaan demi cobaan datang menghampirinya, Ivan dan keluarganya tidak memiliki cukup uang untuk membayar biaya daftar ulang dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pertama.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*