Gaji Guru Honorer di Jateng kini Sudah Sesuai UMK

Sharing for Empowerment

Ia menambahkan yang sarjana mendapatkan tambahan 10 persen dan ada yang 7,5 persen serta SMA ada tambahan lima persen.

Persentase itu untuk tambahan penghasilan karena sekolah di Jateng itu zero pungutan, sehingga tidak ada pendapatan lain, selain gaji dan tambahan gaji tersebut berdasarkan persentase.

Menurutnya, pemprov juga berupaya memberikan kesejahteraan lain, yaitu beban jam guru mengajar maksimal 30 jam. Yang mana, beban guru mengajar itu 18 sampai 40 jam.

Di Jawa Tengah, tidak menetapkan 40 jam, tapi 30 jam maksimal, utamanya untuk PPPK. Hal tersebut sekaligus untuk mengakomodasi atau menyesuaikan (match) dengan Tunjangan Profesi Guru (TPG) minimal 24 jam.

“Tentu saja itu dikolaborasikan dengan ekuivalensi beban mengajar dari Permendikbud Nomor 15 tahun 2018. Kesejahteraan dalam hal ketika menjalankan aktivitasnya sebagai guru tidak terlalu capek. Karena tugas guru tidak hanya mengajar, tapi merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan melakukan rencana tindak lanjut,” bebernya.

Sedangkan untuk guru PNS di Jateng, dia memastikan nilai gaji yang diterima sudah cukup, tergantung bagaimana mereka mensyukuri.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*