Terus Berbenah, Akhir 2022 Jakarta Sudah Punya 301 Km Jalur Sepeda

Seorang warga mengendarai sepeda di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Seorang warga mengendarai sepeda di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jakarta terus berbenah dan melakukan optimalisasi serta efisiensi pembangunan jalur sepeda. Diketahui, jalur sepeda adalah jalur yang khusus diperuntukkan bagi pengguna sepeda dan kendaraan tidak bermesin yang memerlukan tenaga manusia.

Untuk meningkatkan keselamatan pengguna sepeda maka jalur sepeda dipisah dari lalu lintas kendaraan bermotor.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan meningkatkan sosialisasi terkait efektivitas penggunaan jalur sepeda kepada masyarakat atau para pesepeda di Jakarta.

BACA JUGA:

Tentunya sosialisasi tersebut bukan hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga bersinergi dengan para pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas-komunitas pesepeda.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menegaskan Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan terus melakukan evaluasi secara komprehensif terhadap pembangunan jalur sepeda di Jakarta.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga akan melakukan modifikasi jalur sepeda. Sehingga ke depan, jalur sepeda di Jakarta menjadi lebih efektif. “

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, menjelaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta terus berkomitmen untuk mewujudkan Jakarta menjadi kota yang ramah sepeda dan terus melanjutkan pembangunan jalur sepeda di Jakarta.

Ia menegaskan, Pemprov DKI Jakarta bersama DPRD DKI Jakarta akan mengalokasikan anggaran untuk evaluasi dan optimalisasi jalur sepeda sebesar Rp 7,5 miliar untuk tahun 2023.

“Tahun ini ada tambahan sebanyak 196 km jalur sepeda dibangun. Sebelumnya sudah ada 103 km, artinya ada sekitar 301 km jalur sepeda yang akan terbangun sampai dengan akhir tahun 2022.”

Syafrin menambahkan bahwa salah satu aspek evaluasi terhadap jalur sepeda di Jakarta adalah aspek atau prinsip keselamatan, keamanan, dan kenyamanan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*