Segera Daftar, Beasiswa Unggulan S1, S2 dan S3 Kemendikbudristek Tutup 23 Oktober 2022

Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta
Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI di Jakarta (KalderaNews/Arli Cia)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Beasiswa Unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022 telah dibuka. Peserta yang berminat dan sesuai kriteria dapat melakukan pendaftaran secara daring melalui laman Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek pada mulai 11-23 Oktober 2022.  

Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek merupakan program beasiswa pemerintah Indonesia bagi putra dan putri terbaik bangsa. Program ini tersedia bagi mahasiswa jenjang pendidikan sarjana (S1), master (S2), dan doktor (S3) di perguruan tinggi negeri atau swasta di bawah binaan pemerintah yang akreditasi institusi dan program studinya minimal B/sangat baik.

BACA JUGA:

Tujuan pemberian Beasiswa Unggulan adalah meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. Mereka diharapkan dapat mendukung percepatan pembangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Program ini diberikan kepada masyarakat umum dan pegawai di lingkungan Kemdikbudristek.

Dilansir dari laman resmi, pegawai Kemdikbudristek yang mendapat Beasiswa Unggulan dapat menjalani pendidikan lanjutan Magister dan Doktoral di dalam atau luar negri melalui mekanisme tugas belajar. Tentu saja kesempatan itu hanya bisa diperoleh jika mendapat rekomendasi dari pimpinan dan memiliki kinerja baik.

Khusus bagi masyarakat umum, pemerintah memberikan Beasiswa Unggulan kepada masyarakat yang berprestasi di tingkat internasional dan atau nasional. Mereka harus menjelaskan kontribusi terhadap daya saing bangsa di segala bidang melalui esai yang ditulis dalam Bahasa Indonesia.

Beasiswa Unggulan masyarakat berprestasi dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima di perguruan tinggi. Kesempatan serupa juga diberikan kepada mahasiswa yang sudah melangsungkan perkuliahan maksimal semester 3 pada saat mendaftar (kuliah mulai 2021/2022).

Komponen Beasiswa

Jangka waktu pemberian Beasiswa Unggulan Kemdikbudristek berbeda-beda sesuai jenjang pendidikan. Jenjang Sarjana (S1) baru memperolehnya selama 4 tahun (8 semester). Jenjang Magister (S2) selama 2 tahun (4 semester).  Jenjang Doktoral (S3) mendapatnya selama 3 tahun (6 semester). Mahasiswa yang sudah kuliah akan memperolehnya untuk sisa masa studi sesuai periode tiap jenjang.

Ada pun komponen beasiswa yang akan diterima masyarakat umum untuk semua jenjang adalah biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku. Selain semua komponen yang diperoleh masyarakat umum, pegawai Kemdikbudristek akan mendapt biaya penelitian, tunjangan awal kuliah, transpor, dan dana pengembangan.

Untuk mengetahui lebih lanjut syarat-syarat detil, silakan kunjungi laman resmi Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek.

*Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat, dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*