Carolyn R. Bertozzi, Morten Meldal dan K. Barry Sharpless Gondol Nobel Kimia 2022

Carolyn Bertozzi dan Barry Sharpless dari Amerika, bersama dengan Morten Meldal dari Denmark mendapatkan Nobel Kimia 2022
Carolyn Bertozzi dan Barry Sharpless dari Amerika, bersama dengan Morten Meldal dari Denmark mendapatkan Nobel Kimia 2022 (Foto: NobelPrize)
Sharing for Empowerment

STOCKHOLM, KalderaNews.com – Hadiah Nobel Kimia 2022 resmi diberikan kepada trio ahli kimia dari Amerika Serikat dan Denmark yang meletakkan dasar untuk bentuk kimia yang lebih fungsional.

Carolyn Bertozzi dan Barry Sharpless dari Amerika, bersama dengan Morten Meldal dari Denmark mendapat penghargaan untuk pengembangan kimia klik dan kimia bioortogonal.

Penghargaan tersebut menandai Nobel kedua untuk Sharpless yang berusia 81 tahun, yang sebelumnya memenangkan Nobel kimia pada tahun 2001.

BACA JUGA:

Hanya empat orang lain yang telah mencapai prestasi itu, termasuk wanita Prancis kelahiran Polandia, Marie Curie.

“Klik kimia adalah reaksi kimia yang elegan dan efisien yang sekarang digunakan secara luas,” kata juri dalam sebuah pernyataan.

“Di antara banyak kegunaan lainnya, itu digunakan dalam pengembangan obat-obatan, untuk pemetaan DNA dan membuat bahan yang lebih sesuai dengan tujuan,” tambahnya.

Ketiganya akan berbagi hadiah Nobel sejumlah 10 juta kronor Swedia ($917.500), dan akan menerima hadiah dari Raja Carl XVI Gustaf pada upacara resmi di Stockholm pada 10 Desember, hari peringatan kematian ilmuwan Alfred Nobel tahun 1896 yang menciptakan hadiah dalam wasiat dan wasiat terakhirnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*