Raih Nobel Kedokteran 2022, Svante Paabo Diceburkan ke Kolam

Sharing for Empowerment

“Dengan bercampur dengan mereka setelah bermigrasi keluar dari Afrika, Homo sapiens mengambil urutan yang meningkatkan peluang mereka untuk bertahan hidup di lingkungan baru mereka,” kata Wedell. Misalnya, orang Tibet berbagi gen dengan orang Denisovan yang membantu mereka beradaptasi dengan ketinggian.

Paabo mengatakan dia terkejut mengetahui kemenangannya, dan pada awalnya mengira itu adalah lelucon yang rumit oleh rekan kerja atau telepon tentang rumah musim panasnya.

“Jadi saya baru saja meneguk secangkir teh terakhir untuk pergi dan menjemput putri saya di pengasuhnya di mana dia menginap, dan kemudian saya mendapat telepon ini dari Swedia,” katanya dalam sebuah wawancara di beranda Hadiah Nobel. “Tentu saja saya pikir itu ada hubungannya dengan rumah musim panas kecil kami di Swedia. Saya pikir, ‘Oh mesin pemotong rumputnya rusak atau apalah.'”

Dia juga merenungkan apa yang akan terjadi jika Neanderthal bertahan 40.000 tahun lagi.

“Apakah kita akan melihat rasisme yang lebih buruk lagi terhadap Neanderthal, karena mereka benar-benar berbeda dari kita? Atau akankah kita benar-benar melihat tempat kita di dunia kehidupan dengan cara yang sangat berbeda ketika kita memiliki bentuk manusia lain di sana yang sangat mirip dengan kita tetapi masih berbeda,” katanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*