Buku Dandang Betawi Kenalkan Resep-resep Langka Khas Betawi

Peluncuran Buku Resep Masakan "Dandang Betawi"
Peluncuran Buku Resep Masakan "Dandang Betawi" (KalderaNews/PPID DKI)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Buku Resep Masakan “Dandang Betawi” diluncurkan Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu upaya melestarikan dan merawat warisan budaya tak benda berupa resep tradisional dan resep kuliner langka khas Betawi.

Buku ini mencatat resep-resep kuliner Betawi lengkap mulai dari yang mudah ditemukan sehari-hari, hingga yang sudah langka dan sulit ditemukan bahannya.

Semua resep masakan tradisional yang tercatat dan cerita maupun temuan mengenai budaya kuliner Betawi didapatkan dari kegiatan riset (literatur dan lapangan) serta wawancara mendalam dengan berbagai narasumber yang mempunyai pengetahuan tentang budaya kuliner Betawi.

BACA JUGA:

Istri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang bernama Fery Farhati menjelaskan bahwa para pembaca maupun masyarakat umum bisa memahami kekayaan kuliner Betawi dari daerah pesisir hingga wilayah selatan yang ternyata memiliki cara yang berbeda dalam mengolah sajian Betawi.

Di dalam Buku Resep Masakan “Dandang Betawi” ini terdiri dari dua kategori: Resep Masakan Tradisional Betawi mulai dari Nasi dan Lauk Pauk (38 Resep) dan Resep Camilan Tradisional Betawi yang terdiri dari makanan dan minuman (30 Resep). Rencana ke depan Buku “Dandang Betawi” akan tersedia dalam 2 versi.

Versi Hard Cover, akan dibagikan secara gratis kepada pihak-pihak yang dapat menjadi penyambung sejarah pelestarian kuliner Betawi. Seperti tamu-tamu undangan yang hadir di acara Selametan Buku “Dandang Betawi”, para pegiat kuliner, media, perpustakaan, tokoh masyarakat betawi, dan lainnya.

Versi Soft Cover, akan dijual pre order dengan harga yang terjangkau bekerja sama dengan Yayasan Nusa Gastronomi agar bisa diakses oleh masyarakat luas. Keuntungan hasil penjualan akan digunakan kembali untuk pelestarian kuliner betawi dalam bentuk pelatihan memasak, bekerja sama dengan berbagai komunitas dan pegiat kuliner tradisional.

Acara peluncuran dimeriahkan penampilan Lenong dari Teater Abang None yang dibina oleh Maudy Koesnaedi.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*