Mantan Ketua LTMPTN Kritik Kebijakan Menteri Nadiem: Merdeka Belajar Jangan Terlalu Liberal

Sharing for Empowerment

Linearitas antara SLTA dan perguruan tinggi tetap harus dipertimbangkan, karena pada jenjang universitas, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki dasar yang cukup mumpuni untuk mengikuti mata kuliah yang diajarkan.

“Meskipun ini tidak bisa menjadi syarat program studi, maka kita bisa meminta portofolio untuk program studi-program studi yang ada di Unair. Sehingga pendaftar nantinya, setidaknya harus menyerahkan rapor mata pelajaran yang relevan dengan program studi yang ada,” kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair ini.

Hal tersebut, kta Prof. Nasih, juga sebagai penghargaan bagi para siswa yang telah menempuh pelajaran selama tiga tahun di SLTA, sehingga apa yang didapatkan sebelumnya tidak akan berakhir sia-sia.

Katanya, ketika Merdeka Belajar justru diartikan sebagai kebebasan yang terlalu liberal, maka hal tersebut merupakan pemborosan.

“Kami selalu memberikan warning bagi masyarakat, bahwa setiap program studi itu memerlukan bekal khusus agar bisa lancar dalam menempuh studinya dan juga kami tidak segan-segan untuk memberikan evaluasi pada satu tahun pertama,” kata Prof. Nasih.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*