Menteri Nadiem: SBMPTN Tidak Ada Lagi Tes Mata Pelajaran, Tak Perlu Ikut Bimbel Lagi

Ilustrasi: Tips jika kamu gagal di UTBK SBMPTN. (Ist.)
Ilustrasi: Tips jika kamu gagal di UTBK SBMPTN. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim meluncurkan Merdeka Belajar episode 22: Transformasi Seleksi Masuk PTN, Rabu, 7 September 2022.

Dalam Merdeka Belajar episode 22 ini, Menteri Nadiem melakukan beberapa perubahan terhadap proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Perubahan ini bertujuan untuk menyambungkan transformasi kebijakan yang telah dilakukan di jenjang pendidikan menengah dengan pendidikan tinggi, agar lebih terintegrasi dan bersinergi.

BACA JUGA:

Selama ini paling tidak ada 3 jalur seleksi masuk PTN, yakni seleksi nasional berdasarkan prestasi atau Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), seleksi nasional berdasarkan tes atau Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), dan seleksi jalur mandiri PTN.

Nah, selama ini SBMPTN menguji banyak materi dari banyak mata pelajaran, sehingga “memaksa” siswa harus banyak menghapal

Sementara, guru juga kejar tayang untuk menuntaskan materi serta menghabiskan waktu belajar untuk melatih peserta didik mengerjakan soal-soal latihan UTBK.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*