UNISBA Gelar SPeSIA 2022 Bahas tentang Ribuan Artikel Ilmiah dan Pendaftarannya ke HAKI

UNISBA Gelar SPeSIA 2022 (Dok. UNISBA)
UNISBA Gelar SPeSIA 2022 (Dok. UNISBA)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – UNISBA menggelar Seminar Penelitian Sivitas Akademika (SPeSIA) 2022 Gelombang II yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting, pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dalam rangka diseminasi atau penyebarluasan hasil penelitian mahasiswa S1 dari Skripsi atau Tugas Akhir (TA) dari seluruh fakultas.

Dalam pelaksanaannya, Ketua pelaksana SPeSIA 2022 Gelombang II, Ahmad Arif Nurrahman, ST., MT., mengatakan bahwa SPeSIA merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan UNISBA setiap semester dengan desiminasi hasil penelitian yang mewajibkan para peserta mengirimkan video presentasi.

BACA JUGA:

Arif mengatakan kisaran jumlah artikel ilmiah pada SPeSIA kali ini sebanyak 1.202, dan lima artikel terbaik SPeSIA setiap fakultas atau program studi akan dipublikasikan di Jurnal Riset.

“Artikel Ilmiah Spesia akan dipublikasikan di Prosiding Nasional, sesuai bidang keilmuan. Semakin banyak karya ilmiah online dalam bentuk prosiding dan jurnal, maka akan mendukung pemeringkatan Sinta Dikti dan memudahkan sitasi,” ujarnya.

Untuk artikel ilmiah setiap fakultas akan didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Pihak kampus yang berada di Bandung itu juga menyatakan bahwa semua pihak dapat dengan mudah mengakses hasil karya penelitian mahasiswa UNISBA, berupa video presentasi SPeSIA telah diupload di media sosial Youtube dan Instagram Unisba.

Sementara, Rektor Unisba, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, S.H., M.H., dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini tidak hanya melihat keterampilan peserta saja dalam berbicara dan menyampaikan pikiran gagasan, tapi juga menunjukkan sebagai intelektual yang akan menjadi sarjana.

SPeSIA kali ini menghadirkan keynote speaker sebagai narasumber yakni Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisba, Prof. Dr. Muhardi, S.E., M.Si., yang membawakan tema ‘Peran dan Tantangan Generasi Z dan Millenial dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi’.

Sama seperti tahun sebelumnya, SPeSIA kali ini juga dipilih 10 pemakalah terbaik “The Best Presentation” dari masing-masing fakultas / program studi.

Di samping itu, penghargaan juga diberikan kepada Best of The Best Presentation yang diraih oleh Nurrhisma Yuniar dari Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah & Kota Fakultas Teknik Unisba dengan dengan nilai 960 serta judul artikel ”Pengukuran Motivasi Masyarakat Terhadap Keberlangsungan Ekologi di Desa Wisata Rawabogo Berbasis Neurosains.”

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare kepada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*