Rektor UMBY Ajak Mahasiswa Peduli UMKM

Peserta KKN PPM XLI 2022 UMBY di Petung Lor, Desa Petung, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang
Peserta KKN PPM XLI 2022 UMBY di Petung Lor, Desa Petung, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang (KalderaNews/Dok. KKN UMBY)
Sharing for Empowerment

MAGELANG, KalderaNews.com – Dusun Petung Lor memiliki UMKM dengan produk Pothil yang merupakan karya masyarakat Petung Lor, Desa Petung, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang.

Pothil ialah kripik yang berbahan dasar singkong yang dikomposisi dengan bumbu-bumbu seperti bawang, ketumbar, dan garam. Sehingga terasa khas aroma bawang dan renyah saat dimakan.

UMKM Pothil berdiri sejak tahun 2006 ini sekarang memiliki 30 orang karyawan yang mayoritas ibu-ibu rumah tangga di dusun Petung Lor. Usaha ini dipimpin oleh Bapak Kuwat Santoso yang merupakan penduduk asli kelahiran Dusun Petung Lor.

BACA JUGA:

Hingga saat ini,Pothil produksi Pak Santoso telah dikenal luas di wilayah Kabupaten Magelang bahkan hingga ke wilayah lain di sekitarnya, seperti Purworejo.

Rektor Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Dr. Agus Slamet, S.TP., M.P berharap para mahasiswa peserta KKN PPM XLI 2022 UMBY bisa menjadi bagian dari solusi permasalahan desa.

“Kepedulian mahasiswa pada UMKM Pothil ini akan berdampak luas dalam membangun perekonomian masyarakat, sebab usaha ini memberi kesempatan kerja pada masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga dan kaum lanjut usia.”




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*