Dipatok Rp100-RP350 Juta Per Calon Mahasiswa, Begini Modus Suap Seleksi Mandiri Masuk Unila

Universitas Lampung
Universitas Lampung (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan modus yang dilancarkan Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani dalam upaya memperkaya diri dengan melakukan Seleksi Mandiri Masuk Unila (Simanila) tahun akademik 2022 melalui jalur suap.

Ia mematok tarif suap mulai dari Rp100 juta-Rp350 juta bagi calon mahasiswa baru tahun 2022 yang mengikuti seleksi jalur mandiri di kampusnya dan ingin 100% langsung lulus.

BACA JUGA:

Karomani yang memiliki wewenang turun langsung mengatur mekanisme seleksidan diduga aktif menentukan mahasiswa yang lulus Simanila. Lantas seperti apa modus yang digunakan bersama timnya?

  1. Rektor Universitas Lampung (Unila) Karomani memerintahkan Wakil Rektor I Bidang Akademik Heryandi dan Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat Unila bernama Budi Sutomo untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang lulus secara personal. Proses ini juga melibatkan Ketua Senat Unila Muhammad Basri. Seleksi tersebut berkaitan dengan kesanggupan orangtua calon mahasiswa yang ingin lulus Simanila. Kesanggupan suap ini di luar pembayaran resmi yang telah ditentukan pihak kampus.
  2. Selanjutnya Sang Rektor menugaskan Heryandi, Muhammad Basri dan Budi Sutomo untuk mengumpulkan sejumlah uang yang disepakati dengan pihak orang tua. Selain kepada Heryandi, Muhammad Basri dan Budi Sutomo, ia juga memerintahkan salah seorang dosen bernama Mualimin untuk ikut mengumpulkan uang dari orangtua calon mahasiswa.
  3. Mekanisme pembayaran suap dilakukan setelah calon mahasiswa baru tersebut dinyatakan lulus berkat bantuan Karomani. Uang telah dihambur-haburkan untuk keperluan pribadinya. Atas perintah Karomani pula, uang suap telah dialih bentuk menjadi tabungan deposito, emas batangan dan juga masih tersimpan dalam bentuk uang tunai dengan total seluruhnya sekitar Rp 4,4 Miliar.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*