Kamu Perlu Tahu, Inilah Bahaya dari Sampah Antariksa

Sharing for Empowerment

Sebagai contoh, Satelit LAPAN-A1 pada ketinggian 630 kilometer, satelit LAPAN-A2 ketinggian 500 kilometer, satelit LAPAN-A3 pada ketinggian 650 kilometer umurnya bisa sekitar 50 tahun. Namun, di bawah 300 kilometer hanya beberapa tahun, dan jika lebih rendah bisa beberapa bulan, kemudian jika di bawah ketinggian 150 kilometer hanya bertahan beberapa hari.

“Ada dua bahaya sampah antariksa yaitu ketika di orbit dan ketika jatuh. Pada saat mengorbit, ada potensi sampah antariksa bertabrakan dengan satelit aktif. Ini akan menimbulkan masalah pada satelit aktif tersebut sehingga ada upaya untuk membatasi sampah antariksa,” papar Thomas Djamaluddin.

“Bahaya yang lainnya yaitu ketika jatuh di permukaan bumi, bisa dilihat dari segi ukuran bisa sampai berton-ton. Ini berpotensi membahayakan tetapi kejadiannya langka. Contoh di Madura dulu sampah antariksa milik Space-X Amerika jatuh tapi di kandang domba. Potensi bahaya bisa dilihat dari diameter objek dan potensinya kecil sekali,” tambah Thomas Djamaluddin.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*