Ombudsman RI Temukan Penyimpangan di PPDB 2022, Mulai Titipan Partai Politik Sampai Pungli

Banyak Orang Ngaku Miskin Demi Sekolah Idaman
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Lembaga pengawas layanan publik Ombudsman RI mengungkapkan adanya dugaan penyimpangan prosedur dalam implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022.

Penyimpangan itu mulai dari titipan partai politik sampai pungutan liar mewarnai proses PPDB tahun ini.

BACA JUGA:

Anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais mengatakan, hal itu ditemukan dari pemantauan langsung di lapangan, rapat koordinasi dengan stakeholder terkait, serta pengaduan masyarakat.

Indraza Marzuki Rais menyatakan, adanya penambahan jalur berupa jalur zonasi khusus. Jalur teresbut diperuntukan kepada calon peserta didik yang dititipkan oleh sejumlah pihak termasuk partai politik.

“Jalur khusus itu banyak, mulai dari jalur titipan dari partai dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Masih banyak lagi temuan jalur khusus yang diperuntukan untuk memasukkan anak-anaknya ke sekolah tertentu,” ujar Indraza Marzuki Rais di kantor Ombudsman RI, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Agustus 2022.

Ombudsman RI pun menemukan adanya pendaftaran PPDB di luar jalur yang sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*