Heboh Non Binary, Apa Itu? Gender Selain Pria atau Perempuan?

Sharing for Empowerment

Lantaran tak merujuk secara spesifik pada gender tertentu, orang non binary ingin dipanggil menggunakan kata ganti yang bersifat netral, seperti “mereka” dibanding “dia”. Pasalnya, dalam sejumlah bahasa, seperti bahasa Inggris, “dia” merujuk pada gender tertentu.

Tipe Non Binary

Non binary sering disingkat “NB” atau “enby”. Gender nonbiner kadang disebut sebagai gender nonkonformis, gender neutral, atau androgynous.

Beberapa orang juga menyebut nonbinary sebagai genderqueer. Ada pula sejumlah orang yang menganggap keduanya memiliki sejumlah perbedaan.

Gender nonbiner terbagi menjadi beberapa tipe:

  • Agender, yaitu orang tidak memiliki identitas gender yang spesifik. Orang-orang dengan tipe ini terkadang juga menyebut diri mereka genderless.
  • Bigender, yaitu orang memiliki dua identitas gender. Dua identitas tersebut dapat diperankan bersamaan maupun bergantian.
  • Genderfluid, yaitu orang yang mengganti identitas gendernya secara berkala.

Perbedaan non binary dengan transgender

Nonbiner sering disamakan dengan transgender. Padahal, keduanya merupakan konsep yang berbeda sama sekali.

Hal pertama yang harus dipahami adalah perbedaan gender dan seks atau jenis kelamin.

Seks atau jenis kelamin adalah aspek biologis seseorang yang dibawa sejak lahir. Aspek tersebut bisa berupa alat kelamin atau kromosom.

Sementara, gender merupakan sikap atau peran yang dibentuk secara sosial atau kultural. Gender melibatkan cara pandang atau perasaan seseorang mengenai dirinya. Gender bisa ditunjukkan melalui berbagai cara, seperti sikap dan cara berpakaian.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*