Anggaran Pendidikan pada 2023 Naik Jadi 608,3 T, Ini 5 Fokus Targetnya

Uang Rupiah
Ilustrasi: Uang Rupiah
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah memutuskan meningkatkan anggaran Pendidikan 2023. Anggaran pendidikan 2023 naik menjadi Rp 608,3 triliun sebagaimana tercantum dalam Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2023.

Anggaran Pendidikan Tahun Anggaran 2023 ini lebih besar dibanding anggaran perlindungan sosial yang  dialokasikan sebesar Rp479,1 triliun. Diketahui, anggaran perlindugan sosial itu untuk membantu masyarakat miskin dan rentan miskin dalam memenuhi kebutuhan dasarnya, dan dalam jangka panjang diharapkan akan mampu memotong rantai kemiskinan.

Anggaran itu juga ditetapkan sebagai bagian dari reformasi program perlindungan sosial yang diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek), penyempurnaan perlindungan sosial sepanjang hayat dan adaptif, subsidi tepat sasaran dan berbasis target penerima manfaat, serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

BACA JUGA:

Jokowi seperti dikutip dari Puslapdik Kemdikbud memberikan alasan untuk kenaikan ini yakni agar bangsa Indonesia mampu memanfaatkan bonus demografi dan menghadapi disrupsi teknologi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*