Yuk Simak, Persiapan Jadi Maba Saat Memasuki Jenjang Kuliah

Mahasiswa Baru
Mahasiswa Baru (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Selamat! Bila tahun ini kamu masuk menjadi mahasiswa baru atau maba di sebuah perguruan tinggi sesuai dengan cita-cita dan keinginanmu. Meskipun biasanya kalender akademik di perguruan tinggi dimulai pada bulan Agustus, bukan berarti kita bisa bersantai.

Kita bisa mulai mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang kuliah dan menjadi mahasiswa baru di kampus sejak sekarang. Memasukin jenjang kuliah tentu berbeda dengan zaman masih menjadi pelajar putih abu-abu.  Sistem belajar, aturan, suasana belajar sudah tentu berbeda. Sebagai maba, kita harus paham perbedaan-perbedaan tersebut agar dapat mempersiapkan diri dengan baik.

BACA JUGA:

Inilah persiapan menjadi mahasiswa baru saat memasuki jenjang kuliah.

Persiapan mental

Kuliah itu berbeda dengan SMA karena nantinya kemandirianmu sangat diperlukan dalam hal ini. dari menentukan kelas hingga mata kuliah apa yang akan kamu ambil dan sumber belajar sendiri buatmu.

Karena itu, mulai latih diri kamu untuk belajara hal baru secara otodidak. Misalnya dengan mengikuti kursus atau seminar online selama liburan.

Melatih kebiasaan membaca dan meneliti

Saat kamu kuliah, akan banyak tugas yang mengharuskan kamu membaca banyak hal seperti buku pelajaran, artikel website, hingga jurnal penelitian. Bila sebelumnya kamu tergolong malas membaca, kamu bisa melatihnya selama belum masuk masa perkuliahan ini.

Rencanakan akomodasi dan transportasi

Jika kamu kuliah di luar kota dan jauh dari orangtua, pikirkan juga tempat tinggal kamu nantinya. Misalnya mulailah mencari kos atau memutuskan menyewa rumah bersama beberapa teman. Maki banyak waktu yang kamu punya makin banyak kesempatan yang bisa kamu dapat untuk memperoleh rumah kos yang nyaman dan terjangkau. Termasuk transportasi dari tempat kos ke kampus, apakah kamu akan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Berkenalan dengan sesama maba, kakak tingkat serta alumni

Berkenlan dengan sesama maba atau mahasiswa baru lain akan menambah lingkaran pertemanan kita nantinya. Hal ini akan memudahkan penyesuaian dengan lingkungan baru kelak. Dengan alumni, kamu akan mendapat banyak informasi serta tip kampus yang tidak banyak diketahui orang.

Nah, selamat datang di dunia perkuliahan dan jadilah maba yang siap masuk kampus. Tetap semangat, ya!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*