Yuk Simak, Beberapa Alasan Mengapa Pelajar Perlu Berorganisasi

Siswa SMA
Siswa SMA (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Mempunyai status pelajar dan mahasiswa berarti merupakan kesempatan untuk memperkaya diri dengan banyak keterampilan. Salah satu keterampilan adalah berorganisasi. Kesempatan berorganisasi ini sebaiknya jangan dilewatkan, ya.

Selama menjadi pelajar dan mahasiswa, usahakan untuk ikut organisasi di sekolah atau kampusmu. Inilah alasan pentingnya pelajar ikut berorganisasi. Cekidot!

BACA JUGA:

Belajar manajemen waktu

Ketika seorang pelajar sudah aktif dalam sebuah organisasi aka nada masanya mendaptakan pilihan apakah harus fokus ke belajar atau fokus ke organisasi atau belajar sambil berorganisasi. Berorganisasi akan mengajarkan pada kit acara menempatkan waktu agar tetap seimbang antara akademik maupun non akademik, dan mampu memikirkan hal yang mana yang harus diputuskan untuk diprioritaskan saat itu.

Menambah wawasan dan pengalaman

Di dalam organisasi, kita akan menjumpai orang dengan berbagai karakter, pemikiran, dan ide yang terkumpul menjadi satu du dalam organisasi yang sama. Di sinilah akan kita jumpai perdebatan atau persetujuan dalam berarguman yang akan menambah wawasan dan tentuna menjadi pengalaman yang berharga dalam setiap organisasi yang diikuti.

Mengukur kemampuan diri

Saat di dalam sebuah kepanitiaan kegaitan, biasanya seseorang akan memulai dengan mejadi anggota. Ketika kita berhasil menyelesaikan tugas yang dibeirkan selama ini, maka perlu bagi seorang pelajar untuk mengukur kemampuan dirinya seperti mencoba menjadi ketua bidang, ketua panitia, dan sebagainya.

Melatih tanggung jawab

Sat pemilah menjadi pemimpin suatu organisai, seringkali hanya menggebu-gebu di awal saat pemilihannya saja, tetapi seteah terpilih tidak mampu mempertanggungjawabkan pilihannya tersebut. Jadi, sekecil apapun tanggung jawab yang diberikan, sudah menjadi kewajiban bagi seorang aktivis untuk menyelesaikan dengan sebaik-baiknya.

Wadah asah minat dan bakat

Setiap orang memiliki bakat, tetapi sering kali butuh waktu yang lama bagi kita untuk menyadari bakat apa yang dimiliki. Kesenian, hobi menulis, traveling, jiwa relawan, jiwa petualang dan sebagainya, selalu ada wadah untuk kita mengembangkan minat dan bakat sesuai dengan passion kita sendiri.

Terbiasa kerja dengan tekanan

Suatu saat ketika kita masuk ke dunia kerja yang selalu penuh dengan tekanan, demi tercapainya tujuan instansi tersebut. Tidak menjadi sebuah hal baru bagi seorang aktivis dengan istilah tekanan, karena sudah terbiasa melewati bahkan berulang-ulang kali kerja dengan tekanan.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*