Sebentar Lagi Semester Baru, Perhatikan Gaya Belajar yang Paling Pas Ini Buatmu

fokus belajar, latihan konsentrasi, fokus konsentrasi
Cara konsentrasi belajar ada beberapa pendukungnya. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Gaya belajar seseorang bisa menentukan keberhasilan. Bila selama ini kamu merasa belum berhasil dalam studi, bisa jadi gaya belajarmu yang tidak tepat. Mumpung sebentar lagi masuk semester baru, ini merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki gaya belajar.

Gaya belajar merupakan cara muda otak kita dalam memahami materi pelajaran. Setiap orang pasti mempunyai gaya belajarnya masing-masing. Agar belajarmu makin efektif, perhatikan gaya belajar berikut ini dan sesuaikan dengan kamu, ya.

BACA JUGA:

Ada tiga gaya belajar yang bisa kita sesuaikan dengan diri kita, yakni gaya visual, gaya auditori, gaya kinestetik.

Gaya visual

Gaya belajar ini cenderung mudah dalam mengingat sesuatu yang dilihatnya. Tipe ini biasanya akan kita dapati golongan teman yang duduknya di deretan bangku depan dan selalu memperhatikan gerak gerik guru atau dosen.

Cara belajar yang cocok untuk gaya visual ini adalah:

  • Belajar dari buku atau video dengan ilustrasi.
  • Membuat catatan yang menarik.
  • Membuat mindmapping.

Gaya kinestetik

Berbeda dengan gaya visual, gaya belajar kinestetik ini mengacu pada visual tetapi lebih detail yakni berupa gerakan atau praktik. Bila kamu menemui teman yang mendengarkan penjelasan dosen atau guru dengan kakinya yang terus bergerak atau tangannya sambil memainkan pulpen, bisa jadi ia adalah tipe kinestetik ini. Selain itu, mereka juga biasanya menyimak penjelasan sambil menulis. Cara belajar yang cocok untuk kelompok ini adalah:




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*